Jumat, 21 Juni 2013

Blogspot Dihapus Google, Bagaimana Solusinya?

Blog dari Blogger dengan Subdomain Blogspot saat ini memang lagi gempar diperbincangkan bahkan diperdebatkan oleh para blogger Indonesia, karena baru-baru ini si Embah google melakukan penghapusan besar-besaran terhadap blog yang melanggar TOS google, sebagaimana pengalaman saya dahulu juga yang pernah memiliki blog yang dihapus google pasti ini sangat menyakitkan, rasanya sampai keluar keringat dingin saat mengetahui bahwa blog yang kita cintai lenyap begitu saja, dan yang lebih menyedihkan lagi tidak akan ada konfirmasi sebelumnya atau peringatan dahulu ketika blog kita dihapus. beberapa hari inipun jg demikian, banyak blog yang mengikuti kontes SEO tiba-tiba waktu dibuka ternyata hanya ada tulisa seperti gambar dibawah ini:

blog dihapus google

Gambar diatas seperti momok yang menakutkan bagi para blogger yang menggunakan subdomain dari blogspot, jadi jika sewaktu-waktu anda buka blog anda lalu hanya tampilan diatas yang anda lihat, segera minumlah air putih sebanyak-banyaknya, elus dada anda dan istigfarlah, dosa apa yang telah anda lakukan. :) misalnya contoh kemarin ada beberapa kontestan dari lomba seo dari anekahosting.com web hosting murah terbaik di indonesia ternyata mengalami hal tersebut, sungguh tragis, blog yang capek-capek dioptimasi ternyata sekarang lenyap ditelan si embah. lalu bagaimana solusinya atau cara mengembalikan blog atau bahkan akun yang dihapus google? nah itulah yang saya cari-cari sejak dulu, disini ilmublogmu hanya akan memberikan tips saja dan tidak menjamin bahwa blog yang dihapus tersebut akan kembali kepada anda. silahkan simak tips-tipsnya saja.
  •  Jika anda masih bisa login ke blogger, maka dipastikan akan ada dasboard yang menandakan blog telah dihapus, klik blog yang dihapus, lalu ikuti perintahnya berikutnya, silahkan tunggu email balasan dari blogger. jika beruntung dan blog memang layak dan tidak melanggar TOS maka google akan segera mengembalikan blog tersebut. begitu juga sebaliknya, jika memang melanggar TOS maka akan sulit sekali untuk kembali.
  • Berhenti dulu sementara waktu membangun backlink dari luar, kecuali hanya internal link yang baik saja,hari ini saya tidak berburu backlink sama sekali untuk artikel-artikel kontes seo saya. Backlink hanya ditujukan ke homepage saja dan itupun cuma beberapa. Makanya saya punya waktu untuk menulis artikel ini.
  • Memindahkan blog-blog saya ke akun yang lain. Tadinya blog ini berada dalam satu akun dengan blog-blog saya yang lainnya yang ada di bagian footer dari blog ini (widget partner). Tujuannya agar kalau salah satunya terdeteksi sebagai spam oleh blogger, maka cukup blog itu dengan akun google yang satu saja yang dihapus dan blog lainnya masih bisa diselamatkan. Tapi ini kalau google mencurigai akunnya sebagai spam, kalau google mencurigai alamat IP saya sebagai spam, maka cara ini tidak akan berlaku dan seluruh blog saya beserta seluruh layanan google nya akan terhapus juga. Kalau kemungkinan terburuk ini yang terjadi, ya sudah buat lagi yang baru.
  • Memutus tali backlink antar blog. Tadinya blog yang ada di widget partner di bawah saya beri backlink dofollow. Tapi melihat fenomena yang terjadi, saya sudah menambahkan atribut nofollow pada anchor text ke blog saya yang lainnya agar tidak meneruskan page rank.
  • Menonaktifkan backlink untuk sementara waktu ke situs penyelenggara kontes seo. Khususnya untuk yang belum resmi dimulai. Kecuali kalau yang sedang berlangsung ya mau tidak mau harus dipertahankan walaupun cukup beresiko juga. Kalau posisi artikel kontes seo anda jauh dari yang diharapkan, ada baiknya berpikir realistis. Apakah terus memepertahankan backlink ke situs penyelenggara kontes, atau segera menghapusnya. Mengingat blog-blog kita ini sedang berada dalam pengawasan google.
Nah, diatas adalah sedikit tips untuk menghindarkan diri dari tragedi penghapusan blog oleh google karena spam, silahkan antisipasi juga agar blog yang yang anda sayangi tidak mengalami hal yang sama. :)

6 komentar

Unknown 6 Juli 2013 pukul 21.15

makanya wa... jangan bikin blog cepot"an...
udah dosa....

trus jangan bikin blog spam... ga ada gunanya...
mending ngiklanin di google adword..

pengen sukses... modal dikin ga papa...

D Prasetiyo 29 Juli 2013 pukul 21.08

bikin blog yang berkualitas aja deh,,

berkunjung balik ya:

www.lagiasik.com

Unknown 4 Februari 2014 pukul 19.53

mudah mudahan blog ana ga kena hapus ,makasih infonya gan

Nursyam Septiadi 23 Maret 2014 pukul 23.01

ngeri.. udah capek-capek bikin blog ternyata dihapus.

gggg 19 Juli 2014 pukul 12.41

menurut saya blog dihapus selama yg saya alami karena iklan banyak, terus url di redirect kesitus lain atau juga situs dewasa tetapi tidak menggunakan warning ban pada blog loe serta itu utk semua jenis kategori situs dgn jenis spam,menyebar link yg tdk wajar,spamming keyword,bnyk artikel tdk updated,serta copy paste situs orang dan pokoknya hindari semua itu agar selamat aja,dan sy juga ada 2 situs trafik 100k perhari ke2 nya situs forum bos dan nyesel gue gak backup dulu loe hehe, saya juga ada situs dewasa nie gan, dan kalau suka di add ya dan kalau tidak suka jgn tersinggung ok karena semua harus peace hehe dan juga makasi artikel anda yg bagus ulasannya dan tetap semangat ok berbloging ria karena saya juga begitu hehe, makasi waktunya bos thanks gbu.
ngewe.in
3tiga.com

Endi Yuana S 14 November 2014 pukul 01.59

mudah-mudahan punya saya jangan di hapus. Amien
Pusat Pengetahuan dan Teknologi

Posting Komentar